LESSON PLAN
Name S school : SMKN 1 KATIBUNG
Subject: Digital Simulation and Communication
Competence
: MULTIMEDIA
Class / Semester: X / Odd
Year of Education: 2017/2018
A location Time / Meetings : 6 X 45 meni t
A. KompetensiInti
1. Appreciate and practice the teachings of religion he adopted.
2. Living and practicing honest, disciplined, responsible, caring (cooperative, cooperative, tolerant, peaceful) behavior, courteous, responsive, and pro-active and showing attitudes as part of the solution to problems in effectively interacting with the social environment and nature and dalm put themselves as a reflection of the nation in the association of the world.
3. Understand, apply, analyze, and evaluate factual, conceptual, operational, basic and metacognitive knowledge according to the field and scope of Simulation and Digital Communications, and the Basis of Business and Management at a technical, specific, detailed and complex level, with respect to science, technology, arts, culture, and humanities in the context of self-development as part of family, school, workplace, national, regional, and international citizens.
4. Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai
dengan lingkupSimulasidan KomunikasiDigital, dan
Dasar
Bidang
Bisnis
dan
Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan.solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
3.1
Menerapkan logika dan algoritma komputer
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
3.1.1 memahami konsep logika.
3.1.2 Menerapkan
logika dan algoritma komputer
4.1
Menggunakan fungsi-fungsi perintah(Command)
Indikator Pencapaian kompetensi:
4.1.1 Membiasakan
Perintah berdasarkan fungsi.
4.1.2 Mahir menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses
pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1.
Memahami konsep dasar algoritma dan logika pemrograman
komputer
2.
Menjelaskan masalah
tentang konsep logika dan algoritma menggunakan Flowchart dengan tepat
3.
Merumuskan masalah
tentang konsep logika dan algoritma sederhana dengan cermat
4.
Mengolah data tentang
skenario algoritma sederhana sesuai idenya dalam bentuk Flowchart dengan cermat
5.
Membuat Flowchart
sesuai dengan scenario algoritma yang dirumuskan dengan cermat
6.
Mengenal
perintah-perintah dasar sistem operasi komputer (Windows dan/atau Linux)
beserta fungsinya
7.
Memahami fungsi
perintah dasarsistem computer melalui praktikum dengan cermat
8.
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan perintah dasar yang tepat
D.
Materi Pembelajaran
·
Logika dan Algoritma Pemrograman
Komputer (terlampir)
·
Perintah-Perintah Dasar Sistem Komputer (terlampir)
Materi
Faktual
dapat diamati dengan indera atau
alat
|
Contoh:
Contoh fungsi dasar sistem operasi
linux (materi fungsi dasar SO)
|
Materi
Konseptual
Gabungan antar fakta-fakta yang
saling berhubungan
|
Contoh:
konsep penulisan algoritma dengan
flowchart(materi algoritma)
|
Materi
Prinsip
Generalisasi hubungan antar
konsep-konsep yang saling terkait
|
Contoh:
Prinsip atau kaidah-kaidah penyusunan
algoritma sederhana (misal, algoritma penghitungan luas segitiga)(materi
algoritma)
|
Materi
Prosedural
Sederetan langkah yang sistematis
dalam menerapkan prinsip
|
Contoh:
Membuat flowchart tentang
permasalahan komputer(materi algoritma)
|
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
: Scientific Approach
2. Model Pembelajaran : Problem based learning
3.
Metode :mengamati, tanya jawab,diskusi,praktik, presentasi dan penugasan
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN 1: 3X
45 MENIT
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif
2.
Guru memberi
salam, mengecek
kehadiran siswa dan memimpin doa
FASE I:
Orientasi peserta didik pada masalah
3.
sebagai apersepsi ke materi, guru memberikan contoh
permasalahan sehari-hari dalam bentuk flowchart
4.
meminta siswa mengamatiflowchat yang diberikan (mengamati)
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan dengan
power point
|
15
|
|
Kegiatan Inti
|
FASE 2: Mengorganisasikan
peserta didik
6. guru
mengarahkan siswa menjawab pertanyaan, “ dari flowchat yang ada, coba
jelaskan konsep logika dan algoritma permasalahan dalam flowchat tersebut
melalui diskusi kelompok!” (menanya)
7. Guru
mengorganisasi siswa dalam kelompok diskusi (beranggotakan 3-4 siswa)
8. meminta siswa
membuat flowchart dari permasalahan komputer dalam kelompok
FASE 3:
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
9. Guru
membimbing diskusi dan kerja kelompok siswa
10. Guru
membagikan handout materi tentang konsep logika dan algoritma sebagai sumber
belajar (mengumpulkan data dan menalar)
11. Guru
melakukan pemantauan, observasi dan selama kegiatan kelompok berlangsung
FASE 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
12. Guru meminta
salah satu kelompok secara sukarela maju dan menjelaskan flowchart dari
permasalahan yang telah di buat. (mengomunikasi)
13. Memberikan
kesempatan kelompok lain menanggapi dan menyimpulkan hasil presentasi kelompok
yang maju (menganalisis)
14. memberikan
penguatan, apresiasi terhadap hasil diskusi
|
105
|
||
3
|
Penutup
|
FASE 5: Menganalisa
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
15. Guru
mengarahkan dan membimbing siswa membuat kesimpulan tentang logika dan
algoritma komputer
16. guru bersama
siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini
17. guru
memberikan tugas mandiri tentang logika dan algoritma komputer
18. memberikan
informasi tentang pokok materi yang akan dibahas pertemuan berikutnya
19. mengahiri
kegiatan pembelajaran
|
15
|
|
PERTEMUAN 2: 3X 45 MENIT
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif
2.
Guru mengucapkan salam
salam, mengecek
kehadiran siswa dan memimpin doa
FASE I:
Orientasi peserta didik pada masalah
3.
Sebagai apersepsi ke materi, guru menampilkan salah
satu contoh sistem operasi komputer, yaitu Linux melalui media power point.
4.
meminta siswa mengamati dengan cermat fungsi-fungsi OS
Linux yang ditampilkan (mengamati)
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan dengan
power point
|
15
|
Kegiatan Inti
|
FASE 2:
Mengorganisasikan peserta didik
6. Guru
mengorganisasi siswa dalam kelompok diskusi (beranggotakan 3-4 siswa)
7. Guru mengarahkan
siswa untuk mencermati dan memperkirakan fungsi-fungsi dasar linux yang
ditampilkan (mengamatidan analisis)
8. guru
mendorong siswa untuk mengutarakan pertanyaan yang muncul selama pengamatan (menanya)
FASE 3:
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
9. Guru membimbing
siswa memahami fungsi-fungsi perintah dasar sistem operasi komputer tertentu
(Linux, Windows, Android atau Apple)melalui sumber belajar, pemaparan materi
oleh guru dan praktikum(mengumpulkan data dan menalar)
10. Guru
membimbing selama proses diskusi dan kerja kelompok siswa
11. Guru
melakukan pemantauan, observasi dan selama kegiatan kelompok berlangsung
FASE 4: Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
12. Guru
menyajikan permasalahan sistem operasi tertentu yang harus diselesaikan
dengan perintah dasar tertentu secara berkelompok
13. Guru
membimbing dan memantau saat kerja kelompok
14. Guru meminta
salah satu kelompok secara sukarela maju dan menjelaskan flowchart dari
permasalahan yang telah di buat. (mengomunikasi)
15. Memberikan
kesempatan kelompok lain menanggapi dan menyimpulkan hasil presentasi
kelompok yang maju (menganalisis)
16. memberikan
penguatan dan apresiasi terhadap hasil diskusi
|
105
|
|
3
|
Penutup
|
FASE 5:
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
17. Guru
mengarahkan dan membimbing siswa membuat kesimpulan tentang fungsi-fungsi perintah dasar system
komputer
18. guru bersama
siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini
19. guru
memberikan tugas mandiri tentang fungsi-fungsi perintah dasar sistem komputer
20. memberikan siswa
menyiapkan diri untuk pelaksanaan UH KD 3.1 dan 4.1 pada pertemuan berikutnya
21. mengahiri
kegiatan pembelajaran
|
15
|
G. Alat/ Bahan dan Media Pembelajaran
Alat:
1. LCD
2.
Laptop
3. Papan
tulis
4.
Spidol
Media Pembelajaran:
1.
Power point
2.
Komputer
H.
Sumber Belajar
- handout rancangan guru tentang logika dan Algoritma
- handout rancangan guru tentang dasar fungsi perintah
I.
Penilaian
Pembelajaran
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Waktu
pengamatan
|
1
|
Sikap
spiritual
|
Penilaian
diri sikap spiritual
|
Lembar
pengamatan
|
Setelah
proses pembelajaran
|
Sikap
moral
a. terlibat
aktif dalam pembelajaran
b. bekerjasama
dalam kegiatan kelompok, pemecahan masalah, dan diskusi
c.
toleran terhadap pendapat, pemecahan
masalah selama proses pembelajaran
|
observasi
|
Lembar
observasi
|
Selama
proses pembelajaran
|
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes
tertulis
|
Uraian
|
|
3
|
Keterampilan
-
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
-keterampilan
saat presentasi
-portofolio
|
Observasi
|
Lembar
observasi
|
Selama
pembelajaran dan diskusi
|
LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN
1.
Instrumen Penilaian
Sikap
a.
Lembar Penilaian
Diri Sikap Spiritual
Mata Pelajaran :.............................
Materi Pokok
:............................
Hari/ Tanggal
:............................
Kelas
:.............................
Nama
:............................
Petunjuk : Berilah tanda √ Pada pernyataan di bawah ini!
No
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang
kadang
|
Tidak Pernah
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
Saya mengucapkan dan menjawab salam
|
||||||
2
|
Saya berdoa sebelum menjalankan aktivitas apapun
|
||||||
3.
|
Saya mensyukuri nikmat dan ujian
yang diberikan tuhan
|
||||||
4
|
Saya tekun dalam beribadah sesuai dengan agama dan
kepercayaan saya
|
||||||
5
|
Saya mengerjakan ulangan sendiri karena takut pada
Tuhan
|
Keterangan Penilaian Diri Sikap
Spiritual:
Skor
|
|
Selalu
|
:
4
|
Sering
|
:
3
|
Kadang-kadang
|
:
2
|
Tidak Pernah
|
:
1
|
Penskoran:
|
|
1.
Skor
ideal
|
20
|
2.
Pedoman
penilaian
|
|
Nilai
=
|
Skor
perolehan x
100
|
Skor
maksimal
|
b.
Lembar Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Skor Penilaian Sikap
|
||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleransi
|
||
Keterangan Penilaian Sikap:
Skor
|
Rubrik
|
|
4
|
Sangat
sering
|
Sangat sering menunjukkan sikap yang diharapkan
dan penuh antusias
|
3
|
Sering
|
Sering menunjukkan sikap yang diharapkan tapi
belum konsisten
|
2
|
Jarang
|
Pernah menunjukkan sikap yang diharapkan, namun
jarang
|
1
|
Tidak
pernah
|
Tidak pernah menunjukkan sikap yang diharapkan
|
Penskoran:
|
||
Nilai
=
|
Skor
perolehan x
100
|
|
Skor
maksimal
|
2.
Penilaian Pengetahuan
SOAL
LOGIKA DAN ALGORITMA
1. 1
|
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus
dilakukan adalah :
a.Membuat program
b.
Membuat Algoritma
c. Membeli komputer
d. Proses
|
2.
2
|
Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk
menyelesaikan sebuah masalah disebut :
a.
Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Prosesor
|
3.
3
|
Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma
dapat berupa :
a. Bahasa Inggris
b. Bahasa Puitis
c. Bahasa pemrograman
d. Sembarang bahasa asal terstruktur
|
4.
4
|
Pada saat pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
|
5.
5
|
Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah :
a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi
– Hasil
b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program –
Eksekusi – Hasil
c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil
d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi– Hasil
|
7.
7
|
Diberikan algoritma: Apabila warna merah maka jadi hijau.
Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah
dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam,
maka warna jadi :
a. Merah
b. Ungu
c.
Hijau
d. Putih
|
10.
8
|
Diberikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q
masing-masing adalah:
a. 15 dan 0
b. 0 dan 15
c. 15 dan 15
d. 10 dan 15
|
11.
9
|
Type data yang hanya mengenal kondisi True atau False pada Pascal
programming , adalah :
a.
IF
b. Bool
c. Integer
d. Character
|
14.
10
|
Fungi standard yang digunakan untuk mengetahui nilai
pendahulu dari suatu variabel disebut
a.
ORD
b. SUCC
c. PRED
d. DIV
|
15.
11
|
Pada Tipe data Boolean, berlaku operator-operator :
a.
IF
b. AND, OR, NOT
c. True,
False
d. CASE
|
16.
12
|
Simbol flowchart yang digunakan sebagai awal dan akhir suatu proses
adalah….
a. Terminal
b. Preparation
c.
Decision
d. Input
|
17.
13
|
Apabila terjadi dua kondisi (benar atau salah), pada pembuatan
flowchart menggunakan simbol….
|
18.
14
|
Simbol Flowcahart yang digunakan untuk penghubung
dalam satu halaman yang sama adalah …...
|
20.
15
|
Simbol Flowchart yang dapat digunakan untuk
mencetak keluaran adalah….
|
22.
16
|
Suatu proses pengulangan kembali alur kerja disebut…
a.
Branching
b. Looping
c.
Rekursif
d. Iteratif
|
23.
17
|
Diberikan penggalan algoritma : while
(x>7) do
x=x-1;
write(x)
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang
ditampilkan
berturut-turut adalah
a.
9, 8, 7 b. 9,
8
c. 9
d. 8, 7
|
24.
18
|
Diberikan penggalan algoritma
: repeat
write (x) ; x=x-1
until x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang
ditampilkan
berturut-turut adalah
a.
9, 8, 7 b. 9,
8
c.
9
d. 8, 7
|
25.
19
|
Diberikan penggalan algoritma
: repeat
x=x+1 ; write (x)
until x<7
Apabila nilai awal x adalah 9, maka nilai yang
ditampilkan
berturut-turut adalah
a.
9, 8, 7 b. 9,
8
c. 9
d. 8, 7
|
26.
20
|
Konsep Menara Hanoi merupakan salah satu dari
contoh proses :
a.
Iteratif
b. Transitif
c.
Rekursif
d. Branshing
|
Pedoman
Penskoran:
|
Nilai
= Benar x 5 =100
|
3.
PenilaianKetrampilan
a.
lembar
pengamatan penerapan prinsip/konsep dalam pemecahan masalah
Nama Siswa
|
Terampil menerapkan prinsip/konsep dan strategi
pemecahan masalah
|
|||
Sangat terampil
(4)
|
Terampil
(3)
|
Kurang terampil
(2)
|
Tidak terampil
(1)
|
|
b.
lembar
pengamatan unjuk kerja kegiatan presentasi
LEMBAR PENGAMATAN UNJUK
KERJA
KEGIATAN
PRESENTASI
Mata Pelajaran :...........................
Kelas
:..........................
Hari / Tanggal :...........................
Materi Pokok :..........................
No.
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
Jum
Skor
|
NILAI
|
|||
Komunikasi
|
Wawasan
|
Antusiasme
|
Penampilan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
........
|
Pedoman
Penskoran
|
Rubrik
|
|
4
|
Baik
Sekali
|
Sangat sering menunjukkan sikap yang diharapkan
dan penuh antusias
|
3
|
Baik
|
Sering menunjukkan sikap yang diharapkan tapi
belum konsisten
|
2
|
Cukup
|
Pernah menunjukkan sikap yang diharapkan, namun
jarang
|
1
|
Kurang
|
Tidak pernah menunjukkan sikap yang diharapkan
|
Penskoran:
|
||
Nilai
=
|
Skor
perolehan x
100
|
|
Skor
maksimal
|
Mengetahui,
|
Katibung, Juli 2017
|
Kepala Sekolah,
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Dwi Haryani, S.Pd., M.Pd
|
Poniman, S.E
|
NIP. 19750514 200501 2 009
|
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar