Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Media Promosi
Materi
Pokok
a) Menentukan Media Promosi
Memperkenalkan sebuah
produk menjadi sebuah brand yang dikenal kalayak luas tidaklah mudah,
diperlukan sebuah strategi. Promosi adalah media yang paling
tepat untuk membuat suksesnya penjualan. Tidak ada promosi, produsen
tidak mungkin mengenal brand
dari produk yang akan dipasarkan.
Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menentukan media promosi adalah
:
a) Menentukan target
yang Ingin dituju
Hal pertama yang harus
dilakukan adalah menentukan target pasar yang potensial. Pastikan bahwa
produk dapat memenuhi kebutuhan target yang kita tentukan. Bagaimana
cara kita untuk menentukan target pasar yang tepat ?
Untuk menentukannya, terlebih dahulu menentukan kelompok-kelompok
pembelinya. Cara penentuannya tidak hanya berdasarkan demografi saja namun
anda juga harus melihat kebiasan mereka dalam melakukan pembelian. Bila
sudah menentukannya, maka akan lebih mudah menganalisis konsep promosi
yang akan dilakukan.
b) Mengetahui bagimana karakter target konsumen anda
Karekter konsumen harus diketahui dengan tujuan untuk mendapatkan starategi
pemasaran yang tidak biasa sehingga dapat diterima dan
menarik perhatian mereka. Contoh, memasarkan produk makanan ringan dengan
taget konsumen dalam kategori anak-anak. Saat menggunakan gaya bahasa dan
desain yang sesuai dunia mereka.
c) Buat Konsep Promosi
Tema promosi atau pemasran
dilakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah anda
tentukan sebelumnya, seperti penyertaan tagline atau pesan
menarik. Anda
dapat memaksimalkannya dengan menggabungkan pesan dengan
event-event tertentu, misalnya
seperti yang dilakukan oleh minuman The Botol Sosro,
perusahaan minuman lokal ini melakukan pemasaran dengan pesan
yang sangat melekat dibenak semua orang, yaitu
apapun makanannya, minumannya The Botol Sosro.
d) Sertakan Kelebihan Produk yang Dapat Membedakannya dengan Produk Lain
Tidak hanya konsep pemasaran, kelebihan produk juga dapat
disertakan pada saat mempromosikan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen
tahu apa yang membedakan produk anda dengan produk serupa lainnya. Karena
pada dasarnya pemilihan konsumen berawal dari seberapa baik produsen
melakukan promosi maka anda dapat tarik perhatian konsumen dengan cara
ini, yaitu dengan memaparkan bahwa produk anda
memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh brand
lain, seperti fiturnya yang lebih, komposisinya lebih baik, dan lain
sebagainya.
e) Buatlah Program Promosi yang Menarik
Memberikan potongan
harga atau memberikan produk secara gratis, dapat menciptakan sebuah
program promosi timbal balik. Maksudnya adalah dapat membuat promosi yang
melibatkan konsumen untuk melakukan “promosi” untuk produk atau brand
kita. Misalnya bila produk dalam bentuk kuliner, kita dapat memberikan
gift cards untuk pelanggan yang mengikuti sayembara tersebut. Di mana gift
cards tersebut dapat ditukarkan untuk pembelian berikutnya
atau hadiah lainnya.
f) Melakukan Promosi Online
Bagi pebisnis internet
seperti surganya tempat promosi. Pelaku usaha dapat bebas memilih cara
promosi yang mereka kehendaki, mulai yang berbayar hingga gratis dengan
menggunakan platform media sosial. Namun agar tidak hanya sekedar posting
produk tanpa mendapatkan penjualan apa-apa, ada baiknya melakukan beberapa
langkah berikut agar promosi di media sosial lebih efektif.
a) Tawarkan promosi
ekstra pada audiens di sosial media. Bukan hanya menarik pelanggan
lama cara ini juga dapat menarik perhatian pelanggan baru.
b) Aktif melakukan mengajak pelanggan berdiskusi serta cepat merespons pertanyaan pelanggan di
media sosial.
c) Buat konten yang akan dipromosikan secara menarik dan teratur. Konten haruslah yang bersifat informatif yang dapat menggugah rasa penasaran agar
audiens tidak menganggap bahwa akun media sosial hanya tempat untuk promosi saja. Dalam pemilihan konten pastikan masih berhubungan dengan produk Anda, misalkan bila produk Anda adalah obat kecantikan,
g) Anda
dapat mem-posting artikel tentang pentingnya perawatan tubuh dan lain
sebagainya.
h) Melakukan promosi offline
Meskipun sekarang ini promosi usaha
online atau online marketing sedang menjadi trand, namun pengaruh
promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional,
yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan
media cetak, atau dapat beriklan di papan reklame.
i) Berikan Free
Sample
Kebanyakan pembeli
tertarik untuk membeli setelah mencoba produk, maka tidak ada
salahnya jika memberikan free sample untuk calon pelanggan.
Percobaan cuma-cuma ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja,
produk seperti software atau produk yang sifatnya tidak dimakan juga dapat
diaplikasikan. Seperti contohnya, aplikasi manajemen keuangan, dengan
menyediakan trial selama 30 hari gratis.
j) Aktif Menjadi Peserta Pameran
Pameran juga salah
satu cara promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk ke
masyarakat. Hal ini karena pengujung yang hadir sesuai dengan
target konsumen yang anda tetapkan. Dengan begitu kegiatan pemasaran dapat
langsung tepat sasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan, tetapi dapat
menambah koneksi yang nantinya dapat membantu untuk mengembangkan
usaha. Selain itu, dalam pameran akan memperoleh
informasi tren pasar yang sedang di gemari masyarakat,
dengan cara melihat minat pengujung terhadap produk yang ada di area
pameran. Sehingga dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.
k) Gunakan Data Konsumen Untuk Promosi
Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari brand
yang dipasarkan langsung konsumen dengan menggunakan platform
email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan,
maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar
kemungkinan
terjadinya pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini juga
dapat Anda gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Caranya
dengan tidak hanya terus mengirimkan share promosi, namun
sesekal memberikan ucapan
selamat ulang tahun atau selamat hari raya pada momen-momen tertentu.
b) Pemilihan media promosi
Membuat sebuah bisnis
yang sukses harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu
bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah
satunya dengan
media promosi yang tepat diantaranya adalah :
1) Iklan adalah
bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya
luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non
personal maka iklan tidak mampu responsive.
Oleh karena itu iklan tidak diharapkan
sebagai media komunikatif interaktif.
2) Penjualan Personal adalah
aktivitas penjualan yang bersifat promosional, karena bersifat personal,
promosi
ini sangat efektif membina komunikasi dua arah
dengan audiens.
3) Promosi Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk
mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang
dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non
personal) untuk mendorong penjualan
pada saat-saat tertentu.
4) Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat.
Audiens
sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen
tentu akan lebih fair atau jujur.
5) Identitas Produk adalah
desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri.
Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk secara konkrit
menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.
Pertimbangan penentuan media tersebut berdasarkan
:
(1) jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens
(2) program promosi pesaing.
Ø Pilihan Media Berdasarkan Produk
Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan emosional
akan lebih pas bila dipromosikan dengan iklan.
Ø Pilihan Media Berdasarkan Pesaing.
Seringkali, perancang
pilihan media diambil untuk menanggapi promosi pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya,
tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar
supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Selain itu evaluasi media cukup
penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola
efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation, pro-test
evaluation, dan post-test evaluation.
Ø Evaluasi berbasis standar Promosi.
Pada dasarnya tindak
evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan diperlukan
standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan tujuan atau
anggaran promosi.
Ø Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh.
Kampanye program
promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan memberikan
pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi
program dengan hasil kinerja program.
Ø Evaluasi Berbasis Metodologi
Penentuan
saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi
yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada
saat (pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi
dilaksanakan. Sebuah usaha yang menggunakan promosi penjualan. Misalnya
memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel produk,
membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya.
Dan jangan lupa berikan layanan
terbaik agar pembeli mau datang lagi.
5
Manfaat Media Promosi
Media promosi merupakan metode
yang paling disarankan bagi para pelaku bisnis yang ingin mengembangkan
usahanya. Hal tersebut dikarenakan beberapa manfaat media promosi berikut ini:
1.
Meningkatkan Value Produk
Pernahkah Anda mengetahui sebuah
produk yang sudah dijual sejak lama, namun ketika ada promosi yang bersangkutan
dengan produk tersebut, Anda ingin langsung membelinya? Itulah the
power of promotion yang bisa didapatkan ketika Anda melakukan kegiatan
promosi. Nilai dari sebuah produk atau jasa yang Anda miliki menjadi meningkat.
Selain itu, dengan promosi Anda juga dapat mengubah pandangan negatif customer terhadap
produk atau jasa yang ditawarkan sehingga trust mereka pun
meningkat dan lebih terbuka untuk melihat usaha yang Anda miliki.
2.
Memberikan Informasi yang Dibutuhkan Customer
Kegiatan promosi juga bertujuan
untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh customer.
Informasi yang dimaksudkan di sini adalah informasi seputar produk atau jasa
hingga data perusahaan Anda mulai dari website hingga nomor
kontak yang dapat dihubungi.
3.
Mendapatkan Banyak Calon Customer
Salah satu tujuan promosi yang
paling penting tentu saja untuk menjangkau lebih banyak customer. Dengan
demikian, semakin banyak calon customer yang didapat, semakin
tinggi pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
4.
Mengingatkan Customer akan Produk Anda
Bisnis yang Anda miliki pastinya
memiliki banyak pesaing. Oleh karena itu, media promosi dapat membantu Anda
untuk mengingatkan customer bahwa produk atau jasa yang
terbaik dan terpercaya adalah produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan
Anda.
Sebagai contoh, Anda menjual
lampu tidur. Ada begitu banyak merek lampu tidur di luar sana yang menjadi
pesaing Anda. Dengan melakukan kegiatan promosi, maka customer akan
mengingat bahwa lampu tidur tersebut merupakan produk dari perusahaan Anda.
5.
Membujuk Customer untuk Melakukan Proses Transaksional
Manfaat terakhir yang Anda
dapatkan dari melakukan media promosi adalah dapat membujuk customer untuk
melakukan proses transaksional atau closing. Setelah mereka
melihat value produk melalui promosi yang Anda lakukan, trust customer sudah
meningkat, ada ketertarikan terhadap sebuah produk, maka dengan promosi
diharapkan bahwa customer akan membeli produk atau menggunakan
jasa yang Anda miliki.
Tips
Media Promosi yang Tepat Sasaran
Menyusun strategi promosi tidak
bisa sembarang. Anda membutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar
kegiatan promosi yang Anda jalankan tidak sia-sia. Berikut ini beberapa tips
yang dapat Anda lakukan agar media promosi menjadi tepat sasaran, yaitu:
- Melakukan analisa buyer persona sesuai
dengan segmentasi
- Melakukan analisa SWOT untuk memahami produk atau
jasa yang Anda miliki.
- Membuat kegiatan promosi seperti diskon
atau cashback yang dapat menarik calon customer untuk
mencoba produk Anda.
- Memberikan voucher belanja untuk
mempertahankan atau sebagai bentuk apresiasi terhadap loyal customer
- Menggunakan digital marketing untuk
menjangkau lebih banyak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar